Pengertian Invoice dan Penjelasan Lengkap Fungsi dari Invoice

Surat – surat kelengkapan dalam transaksi bisnis ada beraneka macam. Tentu semua memiliki kegunaan sendiri – sendiri, salah satunya adalah invoice. Invoice adalah dokumen penting yang diberikan ketika terjadi transaksi yang bersifat kredit.

Selain itu, invoice masih memiliki fungsi lain yang tidak hanya sebagai dokumen saja. Untuk lebih memahami invoice adalah serta fungsi dari invoice adalah apa saja, artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Sumber: https://squareup.com/us/en/townsquare/invoice-examples

Pengertian Invoice adalah

Invoice adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pembeli atas transaksi kredit yang telah terjadi. Invoice dapat digunakan untuk bisnis skala kecil maupun besar, serta dapat digunakan juga untuk perusahaan penyedia barang maupun jasa.

Dengan kata lain, invoice adalah dokumen yang berisi surat penagihan hutang. Format dari invoice sama seperti faktur, dimana terdapat keterangan penjual dan pembeli di atas dokumen. Lengkap juga dengan tabel – tabel yang berisi nama barang atau jasa yang dibeli, harga tiap produk, serta total harga seluruh produk. Selain itu, keterangan lain yang termasuk di dalam invoice adalah tanggal pembelian dan batas waktu pembayaran tagihan.

Dengan adanya invoice ini, dapat menjadi bukti yang sah telah terjadi transaksi antara penjual dengan pembeli. Biasanya, invoice juga dibuat dalam tiga rangkap, bisa juga lebih dari itu. Lembar pertama diberikan kepada bagian penjualan, lembar kedua untuk pembeli, serta lembar ketiga untuk bagian keuangan, sementara bagian yang asli disimpan sebagai arsip perusahaan.

Pentingnya Memiliki Invoice adalah

Ketika suatu bisnis sudah berdiri, dokumen kelengkapan berupa invoice ini tentu harus tersedia. Karena, perusahaan tidak tahu pembeli seperti apa yang akan datang ke perusahaan, serta transaksi seperti apa yang diminta oleh pembeli.

Jika pembeli meminta transaksi biasa, tentu tidak ada masalah karena setelah transaksi selesai dan pembayaran telah selesai dilakukan, bukti pembayaran saja dapat menjadi alat yang sah. Sementara jika transaksi dilakukan secara kredit, harus ada bukti lanjutan guna melakukan penagihan kepada pembeli. Untuk itulah perusahaan harus tetap menyiapkan invoice.

Fungsi dari Invoice adalah

Sumber: https://www.thebalancesmb.com/what-is-invoice-398303

Meskipun hanya berupa surat kecil, tapi fungsi dari invoice sangat beraneka macam. Bahkan dapat dikatakan sangat bermanfaat, baik bagi perusahaan maupun pihak pembeli. Berikut ini fungsi – fungsi dari invoice, diantaranya:

  1. Sebagai Informasi Tagihan Pembeli

Invoice digunakan sebagai rujukan informasi mengenai tagihan yang harus dibayarkan oleh pembeli. Dengan adanya invoice, perusahaan dapat menghitung jumlah pesanan yang belum dibayarkan.

  1. Sebagai Data Produk yang Dibeli Konsumen

Bagi perusahaan, perlu adanya data yang menunjukkan produk baik barang atau jasa apa yang banyak diorder oleh konsumen atau pembeli. Untuk itu, perusahaan dapat memproduksi produk yang banyak dicari tersebut lebih banyak.

  1. Sebagai Rujukan Produk yang Dijual Kembali

Ketika produk akan dijual kembali, invoice menjadi rujukan yang sah. Karena di dalamnya memuat harga – harga tiap produk.

  1. Sebagai Rujukan Transaksi Pembukuan

Bagi departemen keuangan, invoice dapat menjadi alat yang sah untuk dijadikan rujukan ketika menambahkan transaksi ke dalam pembukuan. Sehingga dapat diketahui arus perputaran uang perusahaan.

  1. Sebagai Rujukan Resmi Faktur Pajak

Selain rujukan transaksi pembukuan, invoice juga berfungsi sebagai rujukan yang sah sebagai faktur pajak.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian invoice serta fungsi – fungsi dari invoice. Jadi jika Anda pelaku bisnis, mulai kembali cek kelengkapan dokumen termasuk juga invoice supaya bisnis dapat berjalan lancar.

Leave a Comment