SYARAT DAN KETENTUAN PENGIRIM BARANG VIA LAUT

Online Logistics Marketplace kirim barang via laut ialah salahsatu pekerjaan yang tak bakal pernah pupus. kirim barang ialah salah satu keperluan manusia yang paling penting menilik kirim barang ialah salah satu kegiatan penyaluran massal guna kebutuhan tidak sedikit khalayak. kita bingung bagaimana teknik kirim barang via laut? atau hendak tahu bagaimana formalitas dan kriteria kirim barang? Tenang! Kali ini kami akan menyerahkan informasi kepada kamu bagaimana sih teknik mengirim barang via laut beserta persyaratannya. Yuk simak informasinya!

 

Seiring berkembangnya era teknologi informasi dan komunikasi, Semua platform penjualan dan pekerjaan proses bisnis, perlahan menginjak era digitalisasi yang dimana seluruh toko dan perusahaan memakai sistem online yang berupa situs ataupun aplikasi. Tujuannya ialah memudahkan masyarakat, pembeli sampai penjual supaya lebih mudah. Kegiatan ekonomi digital kini pun merampah pada industri-industri yang terdapat di Indonesia, salah satunya ialah jasa ekspedisi atau freight forwarder. Freight forwarder ketika ini sudah perlahan berpindah menggunakan platform digital dengan menawarkan sekian banyak kemudahan dalam menanggapi regulasi ekspedisi yang ada domestik maupun internasional. Platform digital memperlihatkan bahwa seluruh hal menjadi gampang salah satunya proses ekspedisi barang. Tetapi kamu penasaran bagaimana sih teknik mengirim barang via laut dengan platform online? Yuk perhatikan metodenya berikut ini!

 

DAFTAR

Registrasi akun ialah tahap kesatu yang mesti dilakukan terlebih dahulu sebelum mengerjakan tahap pemesanan. Registrasi akun ialah tahapan urgen untuk memenuhi data pengirim barang. Proses ini memerlukan email pengirim barang dan nantinya pun menggunakan password guna login. Password ini pun adalahstandar ketenteraman online untuk ketenteraman data dan transaksi anda. Setelah proses registrasi akun memakai email, kemudian kamu akan menerima notifikasi pada email kamu untuk proses verifikasi akun. Verifikasi akun ini andacukup membuka link yang terdapat pada email yang telah kamu daftarkan. Selanjutnya kamu bisa melengkapi kelengkapan data diri dan mengerjakan upload paling tidak KTP. Bila akun kamu sudah terverifikasi tahapan selanjutnya ialah login pulang dan dapat melanjutkan ke etape pemesanan.

 

CARI RUTE PENGIRIMAN

Dalam kolom penelusuran rute ini, pengirim barang dapat mencari harga dan jadwal guna rute yang kamu inginkan. Anda dapat memasukkan Pelabuhan Asal dan Pelabuhan Tujuan bila hendak mencari term pelayanan CY-CY/CY-Port/Port-CY/Port-Port. Dan ketika kamu ingin mengerjakan pengiriman ke DOOR, kamu bisa masukkan pada kolom Kota Asal/Kota Tujuan dan selanjutnya silahkan klik Mencari. Setiap jasa ekspedisi yang sudah bergabung dengan Prahu-Hub bakal menyediakan sekian banyak pilihan cocok dengan keperluan yang kamu inginkan.

 

Setelah menggali rute pengiriman kamu bisa memilih tanggal Estimasi Tanggal Berangkat dan Estimasi Tanggal Tiba cocok dengan rencana ekspedisi anda. Setelah itu, tampilan layar kamu juga tertera tarif/harga yang pelbagai serta dapat kamu lihat ongkos termasuk dan S&K pengirimannya pun sehingga kamu akan dimudahkan dengan sekian banyak macam pilihan harga dan jenis pelayarannya.

 

PESAN

Setelah kamu menilai rute dan jenis pelayarannya kamu akan memenuhi data pengirim barang dan penerima barang yakni berupa rinci alamat dan nomer telepon PIC yang tercebur dalam pengiriman. Selanjutnya kamu akan mengisi susunan muatan ekspedisi barang. Apa saja kira-kira data ekspedisi barang? Ada 2 jenis klasifikasi barang. Setiap barang mempunyai berkas yang mesti disiapkan saat mengirim barang tersebut.

 

NON-DG (NON-Dangerous Goods)

 

General Cargo

General Cargo ialah istilah untuk ekspedisi barang yang duratif yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Seperti kendaraan, tekstil, pupuk, bahan bangunan, furniture dan lain-lain. Dokumen yang mesti kamu siapkan Kendaraan: Mobil, Identitas kendaraan STNK (Jika telah ada). Identitas penerima & pengirim barang (KTP). Surat Jalan Kepolisian. Surat Dealer (Jika mobil baru). Bahan Bangunan, Tekstil Furniture, Pupuk dan lain-lain: Surat Perintah Muat, Surat Jalan ,Surat Kuasa Data jenis barang (Jenis barang, mutu barang, jumlah barang)

 

Food Grade

Food grade sendiri mengacu untuk material yang digunakan, bisanya bersangkutan dengan langsung dengan produk makanan atau minuman. Material food grade seringkali menggunakan kontainer dengan sirkulasi udara yang lumayan untuk mengawal kualitas makanan. Dokumen yang mesti terdapat untuk ekspedisi food grade seringkali tidak jauh bertolak belakang dengan General Cargo; Surat Perintah Muat,Surat Jalan, Surat Kuasa ,Data Barang (Jenis barang, Bobot barang, jumlah barang).

 

Dangerous Goods

Dangerous Goods ialah produk dengan kategori riskan jika berkeinginan dikirim. Sehingga memerlukan penanganan eksklusif dalam proses pengiriman. Produk ini memiliki peraturan pengiriman yang bertolak belakang dengan produk lainnya. Produk Dangerous Goods biasanya ialah Bahan yang berisi gas, gampang meledak, gampang terbakar, berisi kimia dan berisi racun. Dokumen yang mesti kamu siapkan saat mengirim produk Dangerous Goods antara lain: MSDS (Material Safety Data Sheet), Surat Perintah Muat ,Surat Jalan, Surat Kuasa.

PEMBAYARAN

Bila kamu sudah memenuhi data ketika proses pemesanan, maka tahapan selanjutnya ialah proses pembayaran. Proses pembayaran memakai platform online paling memudahkan, lumayan menggunakan handphone atau gadget kamu lainnya. Transaksi online ini juga dapat transfer melewati e-banking berupa virtual account dan juga dapat menggunakan debit online ataupun kartu kredit online. Sehingga kamu tidak mesti membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

 

Leave a Comment